Jumat, 17 Oktober 2008

Bersaing

Apakah Anda seorang pedagang?

Atau mungkin Anda seorang pekerja?

Atau barangkali juga Anda adalah seorang pengusaha?

Anda memang tidak sendiri di dunia profesi yang sedang Anda tekuni, tetapi banyak juga orang lain yang menekuni profesi yang sama, sehingga Anda pun harus bersaing ketat dengan mereka, sedangkan persaingan adalah hal yang terkadang terasa sangat berat dan sangat Anda benci.

Mundur…?? tentu bukanlah keputusan terbaik yang harus Anda lakukan, tetapi maju terus dan pantang mundurlah sikap yang sebaiknya harus Anda ambil.., dan Anda pun harus berani berkata; “ Bersaing? siapa taakut..!!

Persaingan adalah hal yang wajar dan pasti terjadi, sehingga kita tidak mungkin untuk bisa menghindari persaingan tersebut, dan persaingan bukanlah hal yang harus ditakuti, karena takut dengan persaingan bukannya membuat kita semakin maju dan berhasil tetapi malah sebaliknya.

Kenyataan telah kita saksikan, dengan persaingan.. seseorang atau sebuah lembaga/perusahaan terbukti:

* Semakin inovatif;

* Semakin produktif;

* Kinerja semakin baik;

* Kontrol kualitas semakin diperhatikan;

* Pelayanan semakin ramah dan memuaskan;

* Pemeliharaan konsume/klien semakin baik;

* Dan sebagainya.

Jadi, yang mesti kita lakukan dengan adanya persaingan tersebut adalah dengan berusaha untuk mencari jalan keluar semaksimal dan sebaik mungkin agar kita bisa keluar sebagai pemenangnya dalam kancah atau arena persaingan tersebut. Dan tentu saja, hindari cara-cara bersaing yang tidak baik dan “tidak sehat”

Tidak ada komentar: